Cari Berita Disini

Minggu, 14 Juni 2009

"Investasi Pendidikan"
Pendidikan adalah investasi masa depan, masa depan yang cerah yang memanusiakan-manusia Indonesia. Pendidikan ada karena memang pendidikan merupakan syarat mutlak suatu Bangsa untuk bisa bersaing dengan Negara lainnya. Investasi masa depan sebagai bekal untuk membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan memiliki paradikma pembaharuan untuk Bangsanya.
Pendidikan adalah kunci pembuka gembok kebodohan, ketertinggalan dan keterasingan suatu Bangsa untuk dapat terangkat di dunia Internasional yang siap bersaing dengan kemajuan IPTEKS. Tanpa pendidikan suatu Bangsa akan mengalami kemerosotan dan akan tergilas oleh kemajuan zaman. Pendidikan mutlak bagi suatu bangsa, pendidikan bagaikan sebuah kompas penunjuk arah mata angin. Kompas pendidikan adalah kompas penunjuk arah dan tujuan pendidikan itu sendiri yaitu pendidikan yang memberikan manfaat dan faedah positif bagi Bangsanya.
Indonesia senagai Negara kepulauan yang memiliki keberagaman suku bangsa, agama, dan bahasa adalah suatu Bangsa yang memiliki peradaban yang dimulai dari titik awal kesamaan tekad dan cita-cita yang dipersatukan oleh Kebhinekaan Tunggal Ika yang menjadi dasar Negara.
Kesadaran suatu Bangsa akan arti pentingnya pendidikan bagi generasi penerus Bangsanya akan membawa Bangsa tersebut pada peradaban kemajuan zaman. Pendidikan yang dapat diakses oleh setiap lapisan masyarakat adalah pendidikan yang mengarah kepada terciptanya manusia-manusia yang memiliki intelektualitas dan nilai-nilai moral serta etika pendidikan yang tinggi pula. Kebodohan dan kemiskinan adalah dampak dari kemerosotan pendidikan yang tidak merakyat kepada rakyat. Mahalnya biaya pendidikan merupakan kendala utama masyarakat untuk dapat mengakses pendidikan.
Kebodohan dan kemiskinan adalah musuh besar yang harus segera diberantas keberadaannya di Negara ini. Sudah sekian abad lamanya Indonesia Bangkit, namun masih saja kita temukan mereka yang terluka dan menderita akibat kebodohan dan kemiskinan yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya.
Sebuah dilema dibalik perjalanan panjang sejarah Indonesia yang mulai Bangkit dari keterpurukan dan kemerosotan diberbagai macam aspek kehidupan. Keterpurukan dan kemerosotan terjadi karena kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan. Semangat kebangkitan Nasional yang muncul dari jati diri Bangsa adalah kesadaran betapa pentingnya pendidikan untuk dapat mengangkat harkat dan martabat suatu bangsa agar dapat Bangkit kembali terlepas dari keterpurukan dan kemerosotan.
Pendidikan adalah gerbang menuju sebuah kota mutiara yang terpendam didalam jiwa dan raga Manusia. Pendidikan adalah mata rantai yang tak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia akan pentingnya sebuah pengetahuan. Sebuah mata rantai yang saling sambung-menyambung dari ujung-keujung hingga sampai pada suatu titik pertemuan yaitu titik awal pengetahuan yang mengandalkan pendidikan.
Manusia yang sadar akan pentingnya pendidikan adalah manusia yang siap bersaing dengan kemajuan zaman. Pendidikan adalah investasi masa depan, masa depan yang cerah, masa depan untuk Bangsanya.
Oleh: Gerson Anderson